Berita  

Profil Nezar Patria, Wamen Kominfo di Kabinet Prabowo

Profil Nezar Patria, Wamen Kominfo di Kabinet Prabowo

Nezar Patria adalah sosok yang dikenal di kalangan aktivis, jurnalis, dan pemerintahan Indonesia saat ini. Dengan rekam jejak panjang sebagai wartawan dan keterlibatan aktif dalam gerakan reformasi, Nezar kini menjabat sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamen Kominfo) dalam kabinet Presiden Jokowi. Ketika Prabowo mengadakan pertemuan dengan para calon wakil menteri di rumahnya di Jakarta pada Selasa (15/10), Nezar Patria turut hadir dalam pertemuan tersebut. Sehubungan dengan pelantikan Presiden RI 2024, Nezar dipandu oleh Prabowo untuk membahas isu-isu teknologi dan pengelolaannya di waktu mendatang. Nezar dianggap memiliki kemampuan dan pengalaman yang relevan, sehingga namanya dipertimbangkan untuk masuk dalam kabinet Prabowo.

Nezar Patria, lahir pada 5 Oktober 1970 di Aceh, adalah putra dari Sjamsul Kahar, seorang pemimpin umum Harian Serambi Indonesia di Aceh. Nezar menempuh pendidikan sarjana di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, di Fakultas Filsafat dan aktif dalam berbagai organisasi kemahasiswaan. Ia pernah menjadi korban penculikan Aktivis 98 dan pengalaman tersebut menjadi cerita dalam artikel dan novel tertentu.

Setelah menyelesaikan studi sarjana di UGM, Nezar melanjutkan pendidikannya ke jenjang Magister dan meraih gelar Doktor. Ia memiliki gelar M.B.A dari Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB, gelar Asean M.B.A dari Graduate School of Business University Sains Malaysia, dan gelar doktor komunikasi dari FISIPOL Universitas Gadjah Mada.

Nezar memulai karirnya dalam jurnalisme, bekerja di Majalah Berita Mingguan Tempo dan mendirikan portal berita Viva.co.id. Ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Anggota Dewan Pers. Penghargaan yang pernah diraihnya termasuk Journalism for Tolerance Prize atas liputan investigasi kerusuhan Mei 1998.

Dalam bidang pemerintahan, Nezar pernah menjabat sebagai Staf Khusus V di Menteri BUMN dan Direktur Kelembagaan PT Pos Indonesia (Persero) serta Komisaris Utama PT Dapensi Trio Usaha sebelum akhirnya dilantik menjadi Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika di kabinet Presiden Jokowi.

Profil Nezar Patria menggambarkan perjalanan panjang dan beragamnya pengalaman serta prestasi yang dimilikinya dalam bidang jurnalisme, pendidikan, dan pemerintahan.

Exit mobile version