Berita  

Agus Jabo, Ketum Partai Prima Yang Masuk Radar Kabinet Prabowo

Agus Jabo, Ketum Partai Prima Yang Masuk Radar Kabinet Prabowo

Jakarta (ANTARA) – Agus Jabo Priyono termasuk dalam salah satu tokoh yang menghadiri undangan di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, di kawasan Kartanegara IV, Jakarta Selatan, Selasa (15/10).

Dalam undangan tersebut, Presiden Terpilih Prabowo Subianto telah memanggil sejumlah tokoh, berkenaan dengan persiapan untuk mengisi pos wakil menteri atau kepala badan dalam kabinetnya. Mengingat pelantikan Presiden RI 2024 akan dilaksanakan pada 20 Oktober 2024.

Agus Jabo Priyono merupakan seorang politisi di Indonesia. Saat ini, dia menjabat sebagai Ketua Umum Partai Rakyat Adil Makmur (Prima). Diketahui, Partai Prima termasuk ke dalam salah satu partai politik pendukung Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024.

Agus Jabo Priyono memulai perjalanannya di dunia pergerakan, dengan menjadi kader Pelajar Islam Indonesia (PII) sejak SMA. Keaktifannya berorganisasi terus berlanjut hingga kuliah di Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta. Agus Jabo juga dikenal sebagai salah satu mantan aktivis dalam gerakan reformasi 1998.

Sebelumnya, Agus Jabo Priyono mendirikan Partai Rakyat Demokrasi (PRD) bersama kawan-kawan seperjuangan yang keanggotaannya sebagian besar diisi oleh para mahasiswa dan aktivis dari berbagai kelompok masyarakat.

Pada kesempatan itu, Agus Jabo Priyono menjabat sebagai Ketua Umum PRD. PRD menjadi salah satu partai yang mengikuti pemilihan umum Indonesia tahun 1999 yang merupakan pemilu terbuka dan berlangsung secara demokratis pertama sejak jatuhnya pemerintahan Orde Baru.

Pada 2021, Agus Jabo Priyono bersama sejumlah pengurus pusat PRD mendeklarasikan partai baru, yakni Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA).

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024