Berita  

Profil Raudhatul Jannah “Acil Odah”, Calon Wakil Gubernur Kalimantan Selatan dalam Pilkada 2024

Jakarta (ANTARA) – Menjelang Pilkada 2024, Kalimantan Selatan memiliki salah satu kandidat perempuan yang maju sebagai calon Gubernur yakni Raudhatul Jannah. Akrab dipanggil Acil Odah, ia diusung oleh partai Golkar. Dinilai memiliki elektabilitas dan pengalaman yang cukup, Golkar yakin Raudhatul pantas menjadi pemimpin Kalimantan Selatan. Raudatul pun menerima langsung Surat Keputusan DPP Partai Golkar.

Raudhatul bergabung dengan salah satu partai politik besar yang memiliki visi dan misi yang sejalan.

Munculnya Raudhatul Jannah sebagai Cawagub dalam Pilkada Kalsel 2024, dapat menjadi motivasi bagi perempuan lainnya untuk berani maju menjadi sosok pemimpin.

Raudhatul tidak maju sendiri dalam Pilkada 2024 ini, ia didampingi oleh Akhmad Rozanie Himawan sebagai calon Wakil Gubernur. Sekretaris DPW Nasdem Kalsel itupun diusung langsung oleh Nasdem.

Pasangan ini didukung partai politik lainnya yaitu Nasdem, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Gerindra, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Siapakah sosok Raudhatul Jannah ?

Raudhatul Jannah, lahir pada 16 Agustis 1970. Raudhatul merupakan istri dari Gubernur Kalimantan Selatan sekaligus Ketua DPD Partai Golkar Kalsel yakni Sahbirin Noor.

Sahbirin dan Raudhatul dikaruniai putra sulung yakni Sandi Fitrian Noor, yang menjabat sebagai anggota DPR RI periode 2024-2029.

Latarbelakang pendidikan yang pernah ia jalani yakni berkuliah di Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru, Fakultas Kedokteran, Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat (M.Kes) tahun 2019.

Raudhatul mulai berkarier dalam dunia kesehatan. Terakhir menjabat, Raudhatul merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan.

Namun, setelah mencalonkan diri menjadi Cagub Kalsel 2024, dirinya resmi mengundurkan diri dari status pegawai ASN.

Menjadi istri dari Gubernur Kalsel, ia menduduki posisi sebagai Tim Penggerak PKK Kalsel. Sehingga Raudhatul sering bergabung dengan kegiatan yang turun langsung bersama masyarakat.

Selain itu, pada masa bakti 2022-2027, Raudhatul dilantik menjadi Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalimantan Selatan di Kabupaten Banjar.

Dalam pencalonannya, Bagi dirinya jika masyarakat sudah mendukung dan memberikan kepercayaan, Raudhatul siap menjadi Gubernur Kalsel yang akan datang dan memajukan Kalimantan Selatan.

Raudatul Jannah salah satu sosok perempuan inspiratif yang memiliki mimpi besar untuk Kalimantan Selatan di masa depan.

Dengan latar belakang yang kuat di dunia kesehatan sosial, serta pengetahuan politiknya, ia siap untuk membawa provinsi Kalsel menuju masa depan yang lebih cerah.

Baca juga: Profil Muhidin, calon gubernur Kalsel dalam Pilkada 2024

Baca juga: Bawaslu Kalsel bentuk kampung antipolitik uang

Baca juga: KPU Tanah Bumbu Kalsel tunggu calon lawan daftar hingga 1 September

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024