Berita  

Profil Dito Ariotedjo, Calon Menteri dari Partai Prabowo yang Dipilih oleh Presiden Jokowi

Profil Dito Ariotedjo, Calon Menteri dari Partai Prabowo yang Dipilih oleh Presiden Jokowi

Dito Ariotedjo, Menteri Pemuda dan Olahraga serta politikus Partai Golkar, datang ke kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10). Pemanggilan itu menunjukkan bahwa Dito akan menjadi bagian dari kabinet pemerintahan baru untuk lima tahun ke depan. Meski pengalaman Dito sebagai menteri masih terbilang baru setelah dilantik pada 3 April 2023 menggantikan Zainudin Amali, namun pemanggilan tersebut menjadi bukti kepercayaan Prabowo terhadap politikus muda untuk kabinetnya nanti.

Dito Ariotedjo lahir di Jakarta pada 25 September 1990 dan merupakan politisi serta pengusaha di berbagai bidang seperti energi, pertahanan, coworking space, dan start-up melalui Grupara Ventures. Sebelumnya, Dito juga pernah menjadi chairman klub sepak bola profesional Indonesia, Rans Nusantara FC, sebelum akhirnya menjabat sebagai Menpora.

Selain itu, Dito pernah menjadi anggota tim ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia dan ketua umum Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2016 hingga 2022. Pada saat di AMPI, Dito Ariotedjo membangun Open Lab sebagai ruang kreatif pemuda dan dipilih menjadi ketua kontingen Indonesia di Olimpiade Remaja Musim Panas 2018.

Dito Ariotedjo menyelesaikan pendidikan di Universitas Indonesia dengan gelar sarjana hukum pada tahun 2012. Selama berkuliah, Dito aktif di berbagai organisasi seperti Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Fakultas Hukum UI, Gerakan Pemuda dan Mahasiswa Pembaruan (GPMP), dan lainnya. Dito juga terlibat dalam organisasi eksternal kampus seperti Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Jakarta dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi).

Dito Ariotedjo berasal dari keluarga yang berkecimpung dalam dunia politik dan diplomasi. Ia menikah dengan Niena Kirana Riskyana dan memiliki satu anak perempuan bernama Sadia Kiera Nadashana.