Berita  

Profil Sutono, kader PDIP yang mencalonkan diri sebagai calon wakil gubernur Lampung

Arinal Djunaidi dan Sutono, pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dalam Pilkada Lampung 2024, akan bersaing dengan Rahmat Mirzani dan Jihan Nurlela. Mereka diusung oleh partai PDI Perjuangan dan mendaftar ke KPU Lampung pada 29 Agustus 2024.

Sutono adalah cawagub yang merupakan kader dan Sekretaris Umum PDIP Lampung, lahir di Karanganyar, Jawa Tengah pada 28 Juli 1958. Karier Sutono dimulai sebagai Staf Dit Taman Nasional dan Hutan Wisata di Bogor setelah lulus kuliah S1 Kehutanan di IPB. Selama berkuliah, ia menemukan hobinya mendaki gunung dan menjadi pecinta alam. Karirnya berkembang dengan berbagai jabatan di sektor kehutanan dan perkebunan.

Setelah berbagai pengalaman, Sutono kembali diusung PDIP untuk menjadi cawagub mendampingi Arinal Djunaidi.

Riwayat pekerjaan Sutono yang tercatat antara lain sebagai Staf Dit Taman Nasional dan Hutan Wisata, Kasubag Evlap Ditjen PHPA, Kasi Penyusunan Program dan Anggaran Pembangunan, Kepala Sub Balai KSDA DKI Jakarta. Kemudian ia menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, dan Sekretaris Umum DPD PDI Perjuangan Lampung.

Di bidang organisasi, Sutono pernah menjabat sebagai Wakil Ketua dan Ketua DPD Himpunan Alumni IPB Lampung, Ketua SAKA Pramuka Wanabhakti Provinsi Lampung, serta Ketua DPW Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia Lampung.