Berita  

Profil I Wayan Koster, Calon Gubernur Bali dari PDIP dalam Pilkada 2024

I Wayan Koster, Gubernur Bali periode 2018-2023, kini mencalonkan diri sebagai calon gubernur Bali pada Pilkada 2024 bersama cawagub I Nyoman Giri Prasta. Wayan Koster dan I Nyoman Giri Prasta telah mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bali pada Kamis tanggal 29 Agustus 2024. Keduanya berangkat ke KPUD dari kantor DPD PDIP Bali dengan diiringi para pendukung dan simpatisan.

Kedua pasangan ini mendapat dukungan dari berbagai partai politik seperti PDIP, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Buruh, Partai Gelombang Rakyat Indonesia, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Ummat.

Profil Wayan Koster:

Wayan Koster memiliki nama lengkap Dr. Ir. I Wayan Koster, M.M. dan lahir di Singaraja pada 20 Oktober 1962. Dirinya menyelesaikan pendidikan 12 tahunnya pada 1968 dan melanjutkan pendidikan di Institut Teknologi Bandung dengan gelar sarjana matematika pada tahun 1987.

Awal karir Wayan Koster dimulai sebagai peneliti di Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Depdikbud serta menjadi dosen di beberapa universitas terkemuka. Ia kemudian menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di bidang pendidikan, kebudayaan, pemuda, dan olahraga pada tahun 2004.

Karier politik Wayan Koster semakin meningkat hingga ia menjadi anggota DPR pada periode 2009-2014 dan periode 2014-2019. Pada pemilihan gubernur Bali 2018, Wayan Koster bersama Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati berhasil memenangkan jabatan tersebut.

Wayan Koster juga memiliki keluarga dengan istri bernama Ni Luh Putri Suastini dan dua anak, Ni Putu Dhita Pertiwi dan Ni Made Wibhutu Bhawani.

Riwayat pendidikan Wayan Koster mencakup SD, SMP, SMAN di Singaraja, serta gelar S1, S2, dan S3 dari berbagai institusi.

Selama kariernya, Wayan Koster telah menjabat sebagai tenaga peneliti, dosen, anggota DPR RI, dan Gubernur Bali periode 2018-2023.

Sumber: ANTARA

Exit mobile version