Berita  

Profil Andra Soni, Calon Gubernur Banten yang Mendapat Dukungan dari 9 Partai

Jakarta (ANTARA) – Andra Soni telah menarik perhatian publik setelah mencalonkan diri sebagai calon gubernur (cagub) dalam Pilkada Banten 2024. Bersama Achmad Dimyati Natakusumah sebagai calon wakil gubernur (cawagub) untuk Pilkada Banten tahun 2024, Andra Soni mendapat dukungan sembilan partai politik meliputi Gerindra, PKS, Demokrat, NasDem, PKB, PAN, Golkar, PSI, dan PPP. Lahir pada 12 Agustus 1976 di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, Andra Soni yang kini berusia 48 tahun itu dikenal sebagai seorang pengusaha sekaligus politikus yang saat ini menjabat Ketua DPRD Provinsi Banten.

Pendidikan
Perjalanan akademik Andra dimulai dengan meraih gelar Diploma 3 dari STIE Bhakti Pembangunan, Jakarta pada tahun 2001. Tekadnya untuk terus mengembangkan diri membawanya kembali ke bangku kuliah, di mana ia meraih gelar Sarjana Manajemen dari STIE Banten pada tahun 2021. Andra kemudian melanjutkan studi pascasarjana dan berhasil memperoleh gelar Magister Administrasi Publik dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa pada tahun 2023.

Karier
Sebelum terjun ke dunia politik, ia memulai kariernya di sektor swasta dan bekerja di berbagai perusahaan. Mulai dari PT Prastapindo Abadi Sejahtera (1996–2002), PT Pura Kentjana Jakarta (1996–1997), PT Air Supremasi Indonesia (2002–2004), hingga PT Antara Sukses Express (2004–2007). Setelah meniti karier di sektor swasta, Andra memutuskan untuk mengalihkan fokusnya ke dunia politik. Keputusan ini membawanya untuk aktif dalam Partai Gerindra, di mana ia memulai perjalanannya sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kota Tangerang dan kemudian melangkah ke posisi Sekretaris DPD Partai Gerindra Provinsi Banten hingga akhirnya menjadi Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Banten.

Andra Soni memulai karier politiknya sebagai anggota legislatif dari Partai Gerindra pada Pemilu 2014, di mana ia terpilih sebagai Anggota DPRD Provinsi Banten. Kegigihannya dalam menjalankan tugas membuatnya dipercaya untuk memimpin DPRD Provinsi Banten sejak tahun 2019 hingga sekarang. Dengan latar belakang yang kuat di bidang politik, Andra Soni kini tengah mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan baru sebagai calon gubernur Banten dalam Pilkada 2024 bersama dengan Achmad Dimyati Natakusumah sebagai calon wakil gubernur. Mereka berkomitmen untuk mempercepat pembangunan di wilayan Banten.

Baca juga: Andra-Dimyati janji prioritaskan tiga layanan dasar untuk Banten, Andra Soni janjikan good governance agar tidak ada korupsi di Banten, Andra-Dimyati sebut alih dukungan Golkar dinamika dan drama di Pilkada
Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024

Exit mobile version