Berita  

Profil Airin Rachmi Diany sebagai Calon Gubernur Banten pada Pemilihan 2024

Jakarta (ANTARA) – Nama Airin Rachmi Diany sudah tidak asing bagi masyarakat Banten. Memiliki pengalaman panjang di dunia politik dan pemerintahan, saat ini Airin sedang melangkah ke panggung yang lebih besar sebagai calon gubernur Banten.

Airin Rachmi Diany yang berpasangan dengan Ade Sumardi resmi maju sebagai calon gubernur/calon wakil gubernur di Pilkada Banten 2024 dengan dukungan partai Golkar dan PDI Perjuangan.

Lahir pada 28 Agustus 1976, Airin Rachmi Diany mengawali kariernya sebagai notaris di Kabupaten Tangerang setelah menempuh pendidikan di bidang hukum. Ia meraih gelar Sarjana Hukum dari Fakultas Hukum Universitas Parahyangan, Bandung pada tahun 1999.

Tak berhenti di situ, Airin melanjutkan studinya dan berhasil mendapatkan gelar Magister Hukum dari Universitas Padjadjaran, Bandung pada tahun 2005, serta gelar Doktor Ilmu Hukum dari universitas yang sama pada 2023.

Selain berprestasi di dunia akademik, Airin juga dikenal sebagai salah satu pemimpin perempuan yang berhasil. Sebelum mencalonkan diri sebagai gubernur, ia menjabat sebagai Wali Kota Tangerang Selatan selama dua periode, dari 2011 hingga 2021, di mana ia sukses membawa berbagai perubahan di wilayah tersebut.

Dalam kehidupan pribadinya, Airin menikah dengan Tubagus Chaeri Wardana yang merupakan adik dari Gubernur Banten periode 2007-2014 Ratu Atut Chosiyah.

Keluarganya kerap menjadi sorotan, terutama karena hubungannya dengan para politisi Banten yang dikenal kuat dan berpengaruh.

Sebagai sosok perempuan yang berhasil menyeimbangkan karier politik dan kehidupan keluarga, Airin juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial.

Saat ini ia menjadi Ketua PMI Kota Tangerang Selatan, selain juga terlibat dalam berbagai program pemberdayaan perempuan dan anak, serta berkontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan di Tangerang Selatan.

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2024