Hasil Survei Terbaru ARCI Menunjukkan Bahwa Loyalis Partai PDIP di Jatim Berpindah Mendukung Prabowo-Gibran

Politik Jawa Timur semakin menarik perhatian dengan hasil survei dari Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) yang baru-baru ini menggambarkan dukungan masyarakat terhadap kandidat presiden dan wakil presiden.

Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berhasil menarik perhatian dengan elektabilitas sebesar 40,1%. Sementara itu, Ganjar Pranowo-Mahfud MD mengikuti di belakang dengan 35,9%, dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menempati posisi ketiga dengan 22,2%.

Direktur ARCI, Baihaki Sirajt, menjelaskan bahwa salah satu faktor kenaikan elektabilitas Prabowo-Gibran adalah pergantian loyalitas dari pemilih PDIP di basis Mataraman. Bergabungnya Gibran memberikan dampak signifikan, dengan 33,7% pemilih PDIP memilih Prabowo-Gibran.

Survei yang dilakukan oleh PatraData Research Consulting juga menunjukkan bahwa elektabilitas Prabowo Subianto unggul. Saat berhadapan dengan Ganjar, elektabilitas Prabowo tercatat sebesar 52,3 persen, sedangkan Ganjar mendapat 31,8 persen. Lawan Anies, Prabowo mencatatkan angka 60,9 persen, sedangkan Anies 23,9 persen.

Dengan hasil survei yang menarik ini, politik Jawa Timur semakin menjadi sorotan karena adanya pergeseran dukungan masyarakat terhadap kandidat presiden dan wakil presiden.